STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Posted by pendidikan yang sesungguhnya Sabtu, 09 Juni 2012 0 komentar

ASI LAMA



PERMASALAHAN :


         Terdapat beberapa hal yang membuat sistem tidak efisien. Kekurangan itu terlihat dengan adanya pembuatan rapor siswa yang dilakukan secara satu persatu dan pembuatan rekapitulasi data nilai siswa yang juga proses pembuatannya lama.



PENYELESAIAN :


Berdasarkan ASI LAMA yang telah digambarkan di atas, terjadi permasalahan dimana dalam pembuatan rapor dan rekapitulasi data nilai siswa tidak efektif dan efisien dari segi waktu dan tenaga. Pengolah data yang dilakukan masih menggunakan sistem manual sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama dan penghindaran kesalahan akibat human error  belum dapat dihindari.

Agar sistem akademik ini menjadi lebih efektif dan efisien, maka diusulkan penggunaan sistem secara terkomputerisasi.  Hal ini dimaksudkan agar pengolahan data siswa dan nilai siswa  dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Selain itu, pengolahan data secara komputerisasi ini diharapkan juga dapat mengurangi kesalahan akibat human error, serta hasilnya pun lebih efektif dan efisien.
Dalam ASI BARU yang diusulkan, pembayaran administrasi pendaftaran siswa dilakukan secara online yaitu dengan menyetorkan uang pada bank tertentu, setelah itu calon siswa baru akan mendapatkan nomor pendaftaran (NOP) yang akan digunakan oleh siswa yang bersangkutan nantinyan dalam melakukan registrasi sebagai calon siswa baru.
Setelah selesai melakukan serangkaian proses pendaftaran, data yang telah diinputkan secara online tersebut akan tersimpan secara otomatis ke database  sekolah. Bagian administrasi dan keuangan dapat melakukan cek dan valiadasi terhadap data calon siswa baru, serta dapat mencetak data tersebut untuk dijadikan sebagai arsip. Kepala cabang juga dapat login pada sistem untuk mendapatkan laporan. Bagian akademik jugan dapat melakukan login pada sistem untuk mengentrikan data nilai siswa, dan mencetak laporan dengan cepat. Karena sistem yang di buat mampu melakukan pengolah nilai rapor siswa, sehingga guru atau bagian akademik tidak perlu lagi melalukan perhitungan secara manual.


ASI BARU

Berikut adalah gambar ASI BARU yang diusulkan untuk menggantikan sistem lama yang sedang berjalan. Diharapkan dengan ASI BARU ini segala kelemahan dan kekurangan yang terdapat pada ASI LAMA dapat teratasi. 



0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman